GAME TRAINING
Permainan perkenalan II : "Inilah dia - Sifat Kepemimpinan"
Alat/ Bahan :
Kartu berukuran 4 x 8 cm (satu warna) dengan jumlah sesuai dengan jumlah peserta (Jumlah genap), Spidol kecil (2 warna), Kertas plano / karton manila, Lakband.
Cara Permainan :
- Peserta duduk berkeliling satu lapis (saling
berhadapan).
- Kepada tiap peserta diberikan kartu yang pada sisi
depan dan belakangnya (ditandai dengan warna tulisan yang berbeda)
masing-masing dituliskan kata-kata yang saling berlawanan atau saling
berhubungan.
Sisi depan kartu :
Misalnya pada
sisi depan kartu 1 ditulis Panjang – kartu pasangannya (kartu 2) ditulis
Pendek, kartu 3 ditulis Tinggi – kartu pasangannya (kartu 4) ditulis Rendah,
Dst ... sampai sesuai dengan jumlah peserta (genap).
Atau ditulis
kalimat bersambung, misalnya pada satu kartu ditulis : “lebih baik memberi“ maka kartu pasangannya ditulis : “dari pada menerima“, atau “Rajin pangkal pandai“ – pasangannya “Hemat pangkal kaya“.
Catatan : Pemandu membuat
catatan tentang pasangan-pasangan nama tersebut pada kertas tersendiri sebagai
pegangan agar tidak keliru dalam mengecek pasangan.
Sisi belakang kartu :
Pada sisi
belakang kartu ditulisi nama-nama binatang yang memiliki sifat-sifat tertentu
(yang baik dan buruk). Misalnya kita ingin membagi 4 kelompok, maka untuk
membentuk kelompok pada sisi belakang kertas (warna tulisannya lain) ditulisi
satu nama binatang (ada 4 jenis / nama binatang untuk semua kelompok) sesuai
dengan jumlah anggota dalam satu kelompok. Misalnya ada 20 orang peserta, kita
ingin membagi menjadi 4 kelompok, maka kita harus siapkan 5 buah kartu
pertama misalkan bertuliskan : “Anjing”, 5 kartu kedua bertuliskan : “Kuda”, 5 kartu ketiga bertuliskan : “Ayam” dan 5 Kartu terakhir bertuliskan
: “Gajah”
- Permainan
Pertama "Inilah dia" : Setelah setiap peserta mendapat satu kartu (dengan cara
dibagikan atau ambil secara acak), kepada mereka diminta mencari
pasangannya dan berkomunikasi (selama 2 menit). Misalnya "Panjang" mencari "Pendek", “lebih baik memberi“ mencari pasangannya : “dari pada menerima“, dan
seterusnya. Setelah menemukan pasangannya masing-masing, mereka harus
berkomunikasi/ saling mengenal selama 3 menit. Lalu kepada setiap peserta
dalam pasangan dipersilahkan saling memperkenalkan anggota pasangannya
kepada teman lainnya sesuai dengan hasil yang diperolehnya selama
berkomunikasi.
- Permainan
kedua "Sifat kepemimpinan" : Pada balik kertas bertuliskan nama-nama binatang, maka kepada
setiap peserta diminta mencari anggota kelompoknya (yang nama binatangnya
sama) dengan cara berkomunikasi seperti suara khas binatang tersebut
(misalnya : peserta yang mendapat tulisan “Ayam” bersuara “kotek..tek
kotekk!” atau “kukuruyuuuk...”,
yang bertuliskan “Anjing”
bersuara “Ouuw..oww!!” (suara
anjing menggonggong)...”, dan seterusnya. Setelah kelompok terbentuk,
dipersilahkan memilih ketua dan sekretaris, dan kepada kelompok tersebut
diminta berdiskusi mengenai kekuatan dan kelemahan nama (binatang)
kelompoknya. Kelompok Anjing
menuliskan kekuatan dan kelemahan Anjing,
demikian pula untuk kelompok Kuda,
Ayam dan Gajah.
- Hasil diskusi tersebut dilaporkan oleh ketua di
depan seluruh peserta, oleh pemandu dicatat kesamaan dan perbedaan sifat
dari seluruh binatang yang berhasil ditemukan oleh peserta.
Sharing pendapat tentang manfaat permainan dan bagaimana sifat-sifat
kepemimpinan dibandingkan dengan sifat-sifat binatang tersebut. Sifat yang
positif harus diikuti dan yang negatif tentunya harus dihindari.
No comments:
Post a Comment