"SELAMAT DATANG DI BLOG INI - SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA CARI DI SINI"

Friday, June 28, 2013

Inilah dia - Sifat Kepemimpinan (Permainan perkenalan II)

GAME TRAINING




Permainan perkenalan II : "Inilah dia - Sifat Kepemimpinan"


Alat/ Bahan : 

Kartu berukuran 4 x 8 cm (satu warna) dengan jumlah sesuai dengan jumlah peserta (Jumlah genap), Spidol kecil (2 warna), Kertas plano / karton manila, Lakband.


Cara Permainan :

  1. Peserta duduk berkeliling satu lapis (saling berhadapan).
  2. Kepada tiap peserta diberikan kartu yang pada sisi depan dan belakangnya (ditandai dengan warna tulisan yang berbeda) masing-masing dituliskan kata-kata yang saling berlawanan atau saling berhubungan.


Sisi depan kartu :
Misalnya pada sisi depan kartu 1 ditulis Panjang – kartu pasangannya (kartu 2) ditulis Pendek, kartu 3 ditulis Tinggi – kartu pasangannya (kartu 4) ditulis Rendah, Dst ... sampai sesuai dengan jumlah peserta (genap).
Atau ditulis kalimat bersambung, misalnya pada satu kartu ditulis : “lebih baik memberi“ maka kartu pasangannya ditulis : “dari pada menerima“, atau “Rajin pangkal pandai“ – pasangannya “Hemat pangkal kaya“.
Catatan : Pemandu membuat catatan tentang pasangan-pasangan nama tersebut pada kertas tersendiri sebagai pegangan agar tidak keliru dalam mengecek pasangan.

Sisi belakang kartu :
Pada sisi belakang kartu ditulisi nama-nama binatang yang memiliki sifat-sifat tertentu (yang baik dan buruk). Misalnya kita ingin membagi 4 kelompok, maka untuk membentuk kelompok pada sisi belakang kertas (warna tulisannya lain) ditulisi satu nama binatang (ada 4 jenis / nama binatang untuk semua kelompok) sesuai dengan jumlah anggota dalam satu kelompok. Misalnya ada 20 orang peserta, kita ingin membagi menjadi 4 kelompok, maka kita harus siapkan 5 buah kartu pertama  misalkan bertuliskan : “Anjing”, 5 kartu kedua bertuliskan : “Kuda”, 5 kartu ketiga bertuliskan : “Ayam” dan 5 Kartu terakhir bertuliskan : “Gajah”

  1. Permainan Pertama "Inilah dia" : Setelah setiap peserta mendapat satu kartu (dengan cara dibagikan atau ambil secara acak), kepada mereka diminta mencari pasangannya dan berkomunikasi (selama 2 menit). Misalnya "Panjang" mencari "Pendek", “lebih baik memberi“ mencari pasangannya : “dari pada menerima“, dan seterusnya. Setelah menemukan pasangannya masing-masing, mereka harus berkomunikasi/ saling mengenal selama 3 menit. Lalu kepada setiap peserta dalam pasangan dipersilahkan saling memperkenalkan anggota pasangannya kepada teman lainnya sesuai dengan hasil yang diperolehnya selama berkomunikasi.
  2. Permainan kedua "Sifat kepemimpinan" : Pada balik kertas bertuliskan nama-nama binatang, maka kepada setiap peserta diminta mencari anggota kelompoknya (yang nama binatangnya sama) dengan cara berkomunikasi seperti suara khas binatang tersebut (misalnya : peserta yang mendapat tulisan “Ayam” bersuara “kotek..tek kotekk!” atau “kukuruyuuuk...”, yang bertuliskan “Anjing” bersuara “Ouuw..oww!!” (suara anjing menggonggong)...”, dan seterusnya. Setelah kelompok terbentuk, dipersilahkan memilih ketua dan sekretaris, dan kepada kelompok tersebut diminta berdiskusi mengenai kekuatan dan kelemahan nama (binatang) kelompoknya. Kelompok Anjing menuliskan kekuatan dan kelemahan Anjing, demikian pula untuk kelompok Kuda, Ayam dan Gajah.
  3. Hasil diskusi tersebut dilaporkan oleh ketua di depan seluruh peserta, oleh pemandu dicatat kesamaan dan perbedaan sifat dari seluruh binatang yang berhasil ditemukan oleh peserta.

Sharing pendapat tentang manfaat permainan dan bagaimana sifat-sifat kepemimpinan dibandingkan dengan sifat-sifat binatang tersebut. Sifat yang positif harus diikuti dan yang negatif tentunya harus dihindari.

No comments:

Post a Comment

Kata Bijak :