"SELAMAT DATANG DI BLOG INI - SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA CARI DI SINI"

Sabtu, 08 Juni 2013

Pengertian "Pemimpin" dan "Kepemimpinan"





Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan


Pemimpin adalah orang yang memiliki ketrampilan untuk mempengaruhi atau menggerakan perilaku orang lain agar mampu bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.
Ini berarti bahwa, seorang pemimpin dituntut untuk memahami perilaku-perilaku orang lain yang menjadi wewenangnya dan menggerakkan mereka sesuai visi dan misi organisasi.

Pertanyaannya adalah apakah hanya sekedar orang-orang yang menjadi bawahannya yang digerakan, tanpa unsur sumberdaya yang lain?

Jawaban atas pertanyaan tersebut, akan terdapat dalam arti dan makna yang terkandung dalam definisi atau rumusan tentang kepemimpinan berikut ini :

  1. Kepemimpinan merupakan “perilaku individu ketika dia mengarahkan kegiatan kelompok untuk mencapai tujuan bersama kelompok tersebut”. (Hemphill & Coons, 1957).
  2. Kepemimpinan merupakan “pengaruh antar persona, dilakukan dalam suatu situasi, dan diarahkan melalui proses komunikasi, untuk pencapaian suatu tujuan atau lebih”. (Tannenbaum, Weshler & Massarik, 1961).
  3. Kepemimpinan merupakan “bentuk inisiatif serta kelangsungan dari struktur pengharapan serta interaksi”. (Stogdill, 1974).
  4. Kepemimpinan merupakan “suatu interaksi diantara sejumlah persona, dimana salah seorang persona memberikan informasi sedemikian rupa sehingga orang lain merasa yakin akan apa yang disarankan atau diinginkan”. (Jakob, 1970).
  5. Kepemimpinan merupakan “suatu tipe khusus dari hubungan kewibawaan yang digambarkan oleh perilaku sejumlah anggota kelompok, bahwa salah seorang anggota kelompok lainnya mempunyai wewenang untuk merumuskan pola-pola perilaku bagi mareka dan kegiatan mereka sebagai anggota kelompok”. (Janda, 1960).
  6. Kepemimpinan merupakan “suatu proses pengaruh dimana tindakan O mengubah perilaku P, dan P memandang usaha mempengaruhi serta perubahan perilaku tersebut merupakan hal yang sah sepanjang  konsisten dengan tujuan P”. (Kochan, Schmidt & De Cotiis, 1975).
  7. Kepemimpinan merupakan “peningkatan pengaruh terhadap atau di atas pelaksanaan mekanis melalui pengarahan rutin dari organisasi”. (Katz & Kahn, 1978).
  8. Kepemimpinan adalah “aktivitas para pemegang kekuasaan dan pembuat keputusan”. (Dubin, 1951).