"SELAMAT DATANG DI BLOG INI - SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA CARI DI SINI"

Tuesday, June 25, 2013

Kemampuan analitik (Ciri ideal kepemimpinan-4)

Ciri Ideal Kepemimpinan (4) : Kemampuan analitik


Efektivitas kepemimpinan seseorang tidak lagi terletak pada kemampuannya untuk melaksanakan kegiatan yang bersifat teknis operasional, melainkan pada kemampuannya untuk berpikir. Cara dan kemampuan berpikir yang diperlukan adalah yang integralistik, strategik, dan berorientasi pada pemecahan masalah. Ketiga cara berpikir tersebut memerlukan kemampuan analitik yang tinggi.

Cara berpikir yang strategik pada dasarnya berarti bahwa seorang pimpinan harus mampu menganalisis mana diantara berbagai kegiatan organisasional yang harus diselenggarakan sendiri – baik karena sifat maupun dampaknya – dan mana yang dapat diserahkan kepada orang lain, lengkap dengan alasan-alasannya.  

Cara berpikir yang berorientasi pada pemecahan masalah jelas menuntut kemampuan analitik, mulai dari identifikasi hakikat masalah yang dihadapi, pengumpulan dan penelaahan informasi yang diperlukan, analisis berbagai alternatif pemecahan yang mungkin di tempuh, penentuan pilihan pemecahan sedemikian rupa sehingga pelaksanaannya benar-benar membawa organisasi kepada pemecahan yang tuntas serta dapat dipertangggungjawabkan. 

Dengan kata lain, kemampuan analisis harus tercermin pada kemampuan diagnostik dan prognosa yang tepat sehingga tindakan yang diambil – dalam bentuk keputusan yang merupakan inti kepemimpinan – benar-benar menghilangkan sumber permasalahan dan tidak sekedar mengatasi gejala-gejala yang nampak dengan segera.

No comments:

Post a Comment

Kata Bijak :