"SELAMAT DATANG DI BLOG INI - SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA CARI DI SINI"

Tuesday, June 25, 2013

Management in Action (Manajemen stres-habis)

managemen stres



Management in Action


Tahap-tahap melakukan counselling terhadap karyawan yang stres :

Tahap 1 : Diagnosis

Pada tahap ini, anda melakukan pendekatan pada karyawan yang stres tersebut. Lakukan pembicaraan yang mempererat hubungan, tanggalkan jauh-jauh atribut bahwa anda adalah pimpinan. Apabila pasien anda bersikap defensif, tentramkan dia, yakinkan bahwa saat ini, anda bukanlah pimpinan, namun saudara atau sahabatnya.

Tahap 2 : Menyelidiki

Setelah pasien anda tentram dan tidak bersikap defensif, mulailah ajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada eksplorasi masalah yang membuat dia stres. Dalam tahap ini, kesulitan terbesar adalah meyakinkan pasien agar tidak takut mengungkapkan segala uneg- unegnya, karena secara psikologis, pasien tidak akan begitu saja mengungkapkan uneg-unegnya, karena takut akan konsekuensinya. Apabila itu terjadi, gunakan perumpamaan- perumpamaan dan ajak dia untuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan terhadap situasi tersebut, misalnya : • Apabila anda menjadi direktur, apa yang anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini? • Saya kenal seseorang yang pernah mengalami masalah persis sama dengan anda, dan dia mengatasinya dengan cara ini, bagaimana dengan anda? • Coba anda pikirkan, mengapa kucing sekarang tidak berani memangsa tikus lagi?

Tahap 3 : Mencari peluang untuk memberi pencerahan

Pada tahap ini, ketika pasien anda sudah mulai terbuka, usahakan mencari celah untuk memberinya pencerahan. Ajak dia memikirkan apa yang akan terjadi jika dia terus larut dalam masalahnya.

Tahap 4 : Lakukan suatu tindakan

Tahap ini, ketika semuanya menjadi jelas, lakukan tindakan untuk membantu orang itu mengatasi masalah. Anda bisa menuntunnya untuk mengambil keputusan penyelesaian, atau anda dapat melakukan intervensi yang dibutuhkan, sejauh pasien anda merasa nyaman.

No comments:

Post a Comment

Kata Bijak :