"SELAMAT DATANG DI BLOG INI - SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA CARI DI SINI"

Friday, June 28, 2013

Siapa dapat memimpin? (Permainan kerjasama-2-Game Training)

GAME TRAINING




Permainan Kerjasama II : “Siapa dapat memimpin...?“


Alat/ bahan

5 buah balpoint yang masing-masingnya diikatkan dengan 4 cabang tali kasur sama panjang, 5 buah botol Krating daeng atau sprite.


Cara permainan :


  1. Peserta dibagi atas 5 kelompok (atau lebih) dengan jumlah anggota yang sama.
  2. Kepada setiap kelompok dibagikan balpoint yang dikaitkan dengan tali sama panjang yang jumlahnya 4 cabang (jumlah cabang disesuaikan dengan jumlah anggota kelompok dikurangi satu orang).
  3. Keempat tali tersebut dikaitkan pada pinggang belakang masing-masing anggota kelompok dengan posisi anggota kelompok saling membelakangi, dan posisi balpoint berada di tengah. Satu orang bertindak sebagai komandan/ pemimpin yang bertugas mengarahkan anggotanya.
  4. Letakan botol “krating daeng“ atau “sprite“ atau botol lainnya yang mungkin, dalam jarak beberapa meter dari kelompok.
  5. Dalam satu aba-aba pemandu, setiap kelompok dipersilahkan bergerak menuju botol untuk mengisi balpoint ke dalam botol. Satu orang bertindak sebagai komandan yang bertugas mengarahkan anggota kelompoknya agar dapat memasukan balpoint ke dalam botol. Anggota lainnya dilarang untuk memberikan usulan/ saran kepada komandan kelompok Kelompok yang berhasil memasukan duluan yang menang.
  6. Sharing manfaat permainan dan bagaimana hubungannya dengan kepemimpinan dalam kelompok.

No comments:

Post a Comment

Kata Bijak :