"SELAMAT DATANG DI BLOG INI - SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA CARI DI SINI"

Monday, June 10, 2013

Metode Pidato (Teknik Berpidato Bagian 4)

IV.  Metode Pidato.

a.      Metode serta merta (Inpiropta) 

      Adalah metode penyajian berdasarkan kebutuhan sesaat. Tidak ada persiapan sama sekali. Pembicaraan secara serta merta berbicara berdasarkan pengetahuan dan kemahirannya. Kesanggupan dan metode ini sangat berguna dalam keadaan darurat tapi kegunaannya terbatas pada kesempatan yang tidak terduga itu saja pengetahuan pembicara yang ada kaitannya dengan situasi dan kepentingan saat itu akan sangat menolong pembicara.

b.      Metode menghafal

Penyajian materi pidato dengan metode ini bukan saja direncanakan, tetapi ditulis secara lengkap kemudian dihafal kata demi kata.

c.       Metode Naskah

Penyajian materi dalam materi ini, pada umumnya digunakan pidato-pidato resmi atau pidato-pidato radio. Berpidato dengan metode ini memerlukan latihan – latihan yang cukup agar tidak menimbulkan suatu tirai antara pembicara dengan pendengar, seperti mata pembicara selalu ditujukan kearah naskah  sehingga pembicara tidak bebas menatap pendengarnya.

d.      Metode Ekstemporan (tanpa naskah)

Metode ini sangat di anjurkan karena merupakan jalan tengah. Uraian yang akan dibawakan dengan metode ini direncanakan secara cermat dan dibuat catatan–catatan penting, yang sekaligus menjadikan urutan uraian itu. Kadang – kadang disiapkan konsep naskah dengan tidak perlu menghafal kata–katanya. Dengan menggunakan catatan– catatan tersebut diatas, pembicara dengan bebas berbicara serta bebas pula memilih kata– kata sendiri. Catatan hanya digunakan untuk mengingat urutan–urutan idenya.


Catatan :  Untuk mencapai hasil yang lebih baik sering metode-metode di atas digabungkan. Penggabungan metode yang paling banyak dilakukan ialah antara metode naskah dan metode ekstemporan.

====================

No comments:

Post a Comment

Kata Bijak :