"SELAMAT DATANG DI BLOG INI - SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA CARI DI SINI"

Monday, June 10, 2013

Tips dalam memimpin

Teknik-teknik dasar dalam menangani manusia :
Menjadi pemimpin senantiasa berhubungan dengan orang lain. Berikut beberapa teknik dasar dalam berinteraksi dengan anak buah/ rekan sekerja :

a.    Jangan mengkritik, mencerca atau mengeluh.
b.    Berikan penghargaan yang jujur dan tulus.
c.    Bangkitkan minat pada diri orang lain.
d.    Berikan pujian dengan tulus.
e.    Pahami cara berpikir (sudut pandang, perspektif) orang lain, padukan, dan temukan simpulnya (kesamaan dasarnya) dengan cara pandang Anda.
f.     Hargai pendapat orang lain.
g.    Selalu bertindak positif dan simpatik atas segala aksi negatif yang diterima.
h.    Selalu mengucapkan terimaksih atas segala pelayanan/ pandangan yang diterima.

Cara membuat orang lain menyukai Anda :
Menjadi seorang pemimpin antara lain adalah menjadikan diri Anda sebagai daya tarik bagi pihak/ orang lain. Daya tarik dimaksud berkaitan dengan sikap atau perilaku Anda terhadap orang lain. Bagaimanakah hal itu dapat tercapai?.
Berikut beberapa saran untuk membuat orang lain menyukai Anda :
1)   Jadilah bersungguh-sungguh berminat terhadap orang lain.
2)   Tersenyumlah.
3)   Ingatlah nama seseorang. Mengingat nama seseorang adalah hal yang paling menarik dan paling penting bagi orang itu dalam bahasa apa pun.
4)   Jadilah pendengar yang baik. Doronglah orang lain untuk berbicara tentang diri mereka.
5)   Buatlah orang lain menjadi penting dan lakukanlah itu dengan tulus.

Memikat orang lain mengikuti cara berpikir Anda :
Salah satu peran seorang pemimpin adalah mengajak orang lain (baik di dalam maupun di luar organisasinya) untuk bertindak sesuai cara berpikirnya. Beberapa saran untuk mencapai hal tersebut sebagai berikut :

1)  Satu-satunya cara untuk memperoleh banyak manfaat dari perdebatan adalah dengan menghindari perdebatan itu sendiri.
2)        Perlihatkan respek terhadap pendapat orang lain. Jangan pernah berkata “Anda salah”.
3)        Kalau Anda salah, akuilah hal itu dengan cepat dan dengan cara yang simpatik.
4)        Mulailah dengan cara yang ramah.
5)        Usahakan agar orang lain mengucapkan “ya..ya” dengan segera.
6)        Biarkanlah orang lain yang lebih banyak berbicara.
7)        Biarkanlah orang lain merasa bahwa itu adalah idenya.
8)        Cobalah dengan sungguh-sungguh dan melihat seala sesuatu dari sudut pandang orang lain.
9)        Bersimpatilah dengan ide dan hasrat orang lain.
10)    Imbaulah motif-motif yang lebih mulia.
11)    Dramatisir ide-ide Anda.
12)    Lemparkan tantangan.

Mengubah orang lain tanpa menyinggung atau membangkitkan kemarahan :
Tugas seorang pemimpin seringkali melibatkan pengubahan sikap dan tingkah laku anak buah. Beberapa saran untuk mencapai hal ini :

1)        Mulailah dengan pujian dan penghargaan yang jujur.
2)        Beritahukan kesalahan orang lain dengan cara yang tidak langsung. Jika bawahan melakukan kesalahan, hindari menegur bawahan di hadapan staf-stafnya.
3)        Bicaralah kesalahan Anda dahulu sebelum mengkritik kesalahan orang lain.
4)        Ajukan pertanyaan sebagai ganti memberikan perintah langsung.
5)        Biarkan orang lain/ bawahan Anda menyelamatkan muka.
6)        Pujilah peningkatan sekecil apa-pun dan pujilah setiap peningkatan. Jadilah “Tulus dalam penerimaan dan murah hati dalam penghargaan Anda”.
7)        Beri orang lain reputasi yang baik untuk mereka miliki.
8)        Gunakan dorongan, buatlah kesalahan tampak mudah diperbaiki.
9)        Buatlah orang lain senang mengerjaan hal-hal yang Anda sarankan.
10)    Ucapkan terima kasih atas segala pelayanan yang Anda terima, bahkan kepada bawahan sekalipun.

===================

No comments:

Post a Comment

Kata Bijak :